Mau Iklan / Ads Anda Ditempatkan Disini Hubungi Whatsapp


4/22/2020 11:09:00 AM

Viral Air Kali Kuning Masuk Perut Bumi

Viral Air Kali Kuning Masuk Perut Bumi

Kali Kuning, Sambirejo, Selo Martani, Sleman, Yogyakarta
Hilangnya air sungai ini dilansir dari berita youtube
Viral Kali Kuning masuk perut bumi, Sambirejo, Selo Martani, Sleman Fenomena aneh terjadi di Kali kuning, sambirejo, selo martani, sleman, yogyakarta, kejadian jam 11 WIB, hari Sabtu, 9-2-2019.

 Air sungai alirannya masuk dalam perut bumi. Tidak seperti biasanya mengalir di permukaan tapi kali ini mengalir kebawah. ”Looh kok bisa ?” Secara geologi bila ada singai hilang masuk kedalam tanah ini terjadi pada darerah kars atau gamping yg disebut Ponor. Namun ini terjadi di daerah lereng gunung api. 😞 _“lah iya ini gejala apa to Pakde ?”_ 😀 _“Sik to Thole, iki Pakde lagi istirahat di RSPI”_ 😞 _“Oh njih Pakde nyuwun sewu. Lah ini gelaja alam munculnya kan sewaktu-waktu”_ Bagaimanapun air itu akan mengalir mengikuti gravitasi. Dan akan mengisi ruang kosong. Bisa saja ruang kosong itu dipermukaan, namun bisa juga dibawah permukaan. Nah yang terlihat kali ini air masuk kebawah melalui lubang yg terlihat seperti hasil erosi vertikal. Erosi ini memang terjadi perlahan-lahan. Namun saat air sudah ikut masuk secara cepat, maka erosinyapun semakin cepat. Dan akhirnya terlihat seperti itu. Perlapisan di bagian atas memang berupa lapisan kedap yg bisa saja sangat tipis. Dan saat terjadi terosi maka akan menghubungkan lapisan “kering” dibawahnya. Air permukaan seolah tersedot kebawah seperti yg terlihat di video itu.

 Apakah berbahaya ? Ini gejala biasa. Bukan sesuatu yg menghawatirkan. Karena alam akan menyesuaikan diri pada kesetimbangan. Kesetimbangan muka air tanah inilah yg mengakibatkan ada lapisan dibawah yg “kering”. Dan air diatas mengisinya. Seperti air meresap di pegunungan masuk ke tanah. Inipun juga semacam itu. Tapi, bukan air hujan seperti bisanya. Air tanah di daerah lereng Gunung Merapi inilah yg mengisi air tanah dibawah kota Sleman, Jogja dan sekitarnya. 😞 _”Jadi gimana Pakde ?”_ 😀 _”Ya tetap harus menghemat air tanah, Thole”_ Dari info tambahan ternyata air keluar dibawah bendung kecil ini. Maka diperkirakan lapisan bawah bendung ini ada yang “growong” sehingga air masuk kebawah. Gejala seperti ini sangat diperhatikan pada bangunan bendungan besar. Erosi kecil dibawah bendungan ini sering menjadi pertanda bendungan akan jebol. Tapi ini kan bukan bendungan besar. Tentunya tidak menghawatirkan seperti kaan - Viral Air Kali Kuning Masuk Perut Bumi

Kejadian air masuk perut bumi ini pernah saya saksikan di video facebook seperti dibawah ini

Video dari Janis Astic menemukan putaran air di sebuah danau di Dviete, Latvia, dekat tepi Sungai Daugava.
Namun video Janis ini dalam durasi yang lebih panjang menunjukan pusaran besar misterius di Latvia terbentuk dari arus sungai yang tertelan menju arus masuk dari arah jembatan.


0 Response to "Viral Air Kali Kuning Masuk Perut Bumi"