Kiat Sukses Memulai Bisnis

Anda baru atau akan memulai bisnis.?


Dalam menetapkan sasaran pasar (target pasar) kita terlebih dulu harus melakukan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama. Setiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai target pasar yang akan dicapai. 

Target pasar adalah kelompok konsumen yang homogen, yang akan dijadikan sasaran pemasaran
Kiat Sukses Memulai Bisnis

Berikut ini beberapa tips untuk menentukan target pasar bagi usaha kecil yang baru atau akan memulai bisnis.

1. Pastikan Kejelasan Produk Atau Jasa yang Ditawarkan
Tahap pertama sebelum menentukan target market yang akan dituju adalah memastikan dulu tentang produk atau jasa yang kita miliki. Untuk memastikan tentang hal tersebut kita bisa menanyakan pada diri kita sendiri tentang alasan apa saja yang memungkinkan target pasar ini mau menerima produk atau jasa yang kita tawarkan.
Meski pertanyaan di atas cukup sederhana, namun sebenarnya meliputi banyak sekali aspek mulai dari keunggulan, kelemahan, potensi, serta nilai lebih yang dimiliki produk atau jasa kita. Dari sini kita wajib memastikan bahwa semua poin tersebut benar-benar bisa membuat produk atau jasa kita diterima dengan baik oleh target konsumen. Lebih penting lagi, kita juga perlu menanamkan beberapa keunikan atau inovasi yang tidak terdapat pada bisnis pesaing.

2. Mencoba Fokus Pada Target Pasar Tertentu
Banyak usaha kecil yang akhirnya gagal untuk berkembang karena tidak mempunyai fokus terhadap target pasar yang dibidik. Kita harus memahami bahwa target market mempunyai perspektif yang sangat luas bahkan bisa dibedakan dalam banyak sekali jenis. Dan yang harus lebih kita pahami lagi, kita tidak akan mungkin bisa mengejar semua target pasar yang ada.
Coba untuk fokus terlebih dahulu pada satu target pasar tertentu dan terus kembangkan berbagai strategi untuk menarik target market tersebut. Untuk itu kita bisa mencoba membayangkan apabila kita sebagai konsumen. Pikirkan apakah kita akan tertarik, apabila produk atau jasa tersebut ditawarkan pada kita. Atau dengan metode lain kita bisa menanyakan secara langsung pada sejumlah calon konsumen yang masuk dalam target pasar kita.

3. Sesuaikan Target Pasar Dengan Branding Bisnis Kita
Ketika kita sudah menyusun konsep bisnis yang akan kita jalankan, tentu kita sudah mempunyai angan-angan bakal seperti apa bisnis kita diperkenalkan atau di branding kepada konsumen. Sebagai contoh akankah bisnis kita dibranding dengan kesan kekinian yang cocok untuk target market kaum muda, atau mungkin kita membranding bisnis dengan konsep spesifik terkait dengan ketertarikan tertentu seperti otomotif, olahraga dan banyak lainnya.

Penyesuaian branding dengan target market sangat berperan besar ketika kita baru memulai sebuah bisnis. Dengan adanya pondasi branding yang kuat, kita akan lebih mudah menemukan target market yang sesuai. Dan hasilnya, bisnis bisa berjalan dan berkembang lebih lancar.


4. Sesuaikan Dengan Tingkat Ekonomi

Mungkin ini merupakan salah satu hal yang paling dasar ketika akan menentukan target market. Dengan melihat kesesuaian tingkat ekonomi calon konsumen, kita bisa memilah mana saja yang paling potensial dan cocok untuk produk atau jasa yang kita tawarkan.

Pengelompokan tentang tingkat ekonomi ini secara umum bisa dibagi menjadi tiga yakni bawah, menengah dan atas. Namun untuk beberapa jenis bisnis, pengelompokan hanya ada dua yakni kalangan atas dan kalangan yang merakyat. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing tinggal disesuaikan dengan konsep dan branding produk atau jasa yang ditawarkan. (www.maxmanroe.com/ bidik-target-pasar-yang-tepat-dengan-beberapa-tips-untuk-usaha-kecil-berikut-ini. html)

0 Response to "Kiat Sukses Memulai Bisnis"

Post a Comment

Thank You