JLLB akan melintasi lima kecamatan dan 26 desa

JLLB - Tahukah Anda? Terobosan baru untuk memperlancar transportasi di wilayah Sidoarjo kembali akan dilakukan. Selain jalan arteri Raya Porong dan tol pengganti Porong-Gempol yang tengah digarap, Kementerian PU dan Pemkab Sidoarjo bersiap membangun Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Sidoarjo sepanjang 19.400 km. Jalan yang berawal dari Desa Pamotan, Kecamatan Porong, tersebut akan dibuatkan interchange di Kesambi Porong dan berujung di By Pass Krian. “Tepatnya di Desa Koboharan Kecamatan Krian,” kata Kepala PU Bina Marga Sidoarjo, Sigit Setyawan kemarin (31/1).
Sejauh ini Pemkab Sidoarjo telah membebaskan lahan di Desa Pamotan sepanjang 750 meter dan lebar 35 meter. Untuk selanjutnya, imbuh Sigit, pembahasan dilakukan bertahap sesuai anggaran yang ada. “Alokasi anggaran diambilkan dari anggaran APBD 2010 sekitar Rp 405 juta. Sisanya menunggu anggaran secara bertahap,” imbuhnya.
Sigit mengungkapkan, Pemkab Sidoarjo hanya bertugas menyiapkan lahan untuk pembangunan JLLB. Sedangkan pembangunan fisiknya dilakukan oleh Kementerian PU. “Kita akan berupaya maksimal untuk menyediakan lahan dan melakukan pembebasam lahan warga yang dipakai untuk jalan,” ujar mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo ini.
JLLB

JLLB akan melintasi lima kecamatan dan 26 desa, yakni Kecamatan Porong, Tulangan, Wonoayu, Krembung, dan Krian. Untuk Kecamatan Porong akan mengenai lima desa dengan luas 124.250 meter persegi, di Kecamatan Tulangan melewati sembilan desa seluas 225.750 meter persegi.
Sedangkan di Kecamatan Wonoayu melintas di delapan desa seluas 215.250 meter persegi, di Kecamatan Krembung melintasi satu desa seluas 36.750 meter persegi, dan di Kecamatan Krian melewati tiga desa yang luasnya 77.000 meter persegi. Sigit menambahkan, JLLB dibangun untuk melancarkan arus transportasi dari selatan menuju kawasan utara dan barat Sidoarjo.
Sebagai wilayah penyangga Kota Surabaya, jelas Sigit, Sidoarjo memerlukan akses jalan yang memadai dan menjangkau berbagai wilayah. Jalan yang dibangun nantinya juga dapat mendongkrak perekonimian warga Sidoarjo khususnya, dan warga Jatim pada umumnya

0 Response to "JLLB akan melintasi lima kecamatan dan 26 desa"

Post a Comment

Thank You